Flag Counter

Breaking News

Sports

Technology

Life & Style

Business

Jumat, 28 September 2012

Pancasila dalam Konteks Sejarah Perjuangan

#Catatan Minggu III, 28 September 2012
1.      Kerajaan Sriwijaya
Kerajaan ini berdiri pada abad ke-7 hingga abad ke-12. Terkenal dengan kerajaan maritim terbesar dan terkuat di Nusantara. Gaung dan pengaruhnya bahkan sampai ke Madagaskar di Benua Afrika.
Menurut Kerajaan Sriwijaya, yang memenuhi syarat bangsa bernegara adalah :
·         Berdaulat
·         Bersatu
·         Pemerintahan yang kuat
Kerajaan satu ini merupakan Negara Nasional Pertama di Nusantara dengan didukung Armada laut yang kuat (panglima laut NALA)
2.       Kerajaan Majapahit
Kerajaan ini berdiri pada abad ke-12 hingga abad ke-16 puncaknya pada masa pemerintahan Raja Hayam Wuruk dan Mahapatih Gajah Mada. Jika Sriwijaya merupakan Negara Nasional pertama, majapahit adalah Negara Nasional yang ke-2. Terkenal dengan negara agraris terbesar dan terkuat di Nusantara. Nilai-nilai Pancasila telah menjiwai dalam kehidupan di kerajaan Mojopahit.

PERJUANGAN MELAWAN PENJAJAH
Hancurnya Kerajaan Mojopahit memunculkan kerajaan-kerajaan Islam. Biasanya yang menjadi Raja disebut Sultan, dan kediamannya yaitu Kerajaan disebut dengan Kesultanan. Kejadian tersebut bersamaan dengan bangsa-bangsa Barat datang dengan alasan berdagang (Belanda, Portugis dll) dan mereka terus menjajah.
Pada tanggal 20 Mei 1908 munculah sebuah paham yang bernama “BUDI UTOMO” oleh Dr.Wahidin Sudirohusodo dkk. Setelah itu pada tanggal 28 Okt 1928 lahirlah Sumpah Pemuda yang di gagas oleh para pemuda – pemuda dengan disaksikan kalangan tua.
Penjajahan Jepang : Pada tanggal 9 Maret 1942 Belanda dkk menyerah kepada Jepang. Bangsa Indonesia menyambut dengan senang, karena Jepang berjanji menolong bangsa Indonesia dengan cara diizinkan mengibarkan bendera merah putih dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Namun pada tanggal 20 Maret 1942 Jepang melarang semuanya, bahkan rakyat Indonesia makin menderita dengan dijajah selama 3,5 tahun yakni dari tahun 1942 – 1945

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berkomentarlah sesuai etika yang saudara miliki

Designed By Blogger Templates